Laboratorium Klinik

http://www.biomedika.co.id/images/contact/648217Banner_Tangerang_04.jpg 
Sesuai pasal 1 di Laboratorium Klinik mencantumkan pengertian dari laboratorium klinik paratama dan utama. Laboratorium kesehatan adalah sarana kesehatan yang melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat. (PerMenKes RI Nomor/ MENKES/ PER/ 2009)

Laboratorium Klinik adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik, imunologi klinik atau bidang lain yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Laboratorium kesehatan terdiri dari : (1)Laboratorium klinik. (2)Laboratorium kesehatan masyarakat. (3)Laboratorium kesehatan lingkungan
Laboratorium klinik berdasarkan jenis pelayanannya terbagi menjadi : 
Laboratorium klinik umum
Laboratorium klinik khusus
Laboratorium klinik umum adalah laboratorium yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan di bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi klinik, parasitologi klinik dan imunologi klinik serta bidang lainnya. Laboratorium klinik khusus adalah laboratorium yang melaksanakan pelayanan satu bidang pemeriksaan khusus dengan kemampuan pemeriksaan tertentu. Klasifikasi laboratorium klinik umum terbagi menjadi : (1)Laboratorium klinik umum Pratama. (2)Laboratorium klinik umum Madya. (3) Laboratorium klinik umum Utama.
Laboratorium klinik umum Pratama adalah laboratorium klinik umum yang melaksanakan pelayanan laboratorium klinik dengan kemampuan pemeriksaan terbatas dengan teknik sederhana.
Laboratorium klinik umum Madya adalah laboratorium klinik umum yang melaksanakan pelayanan laboratorium klinik pratama dan pemeriksaan imunologi dengan teknik sederhana.
Laboratorium klinik umum Utama adalah laboratorium klinik umum yang melaksanakan pelayanan laboratorium klinik dengan kemampuan pemeriksaan lebih lengkap dari Laboratorium klinik umum Madya, dengan teknik automatik.
Jenis Laboratorium klinik khusus terdiri atas: (1)Laboratorium mikrobiologi klinik. (2)Laboratorium parasitologi klinik. (3)Laboratorium patologi anatomic. (4)Laboratorium khusus lainnya         
Laboratorium mikrobiologi klinik melaksanakan pemeriksaan mikroskopis, biakan, identifikasi bakteri, jamur, virus dan uji kepekaan. Laboratorium parasitologi klinik melaksanakan identifikasi parasit atau stadium dari parasit baik secara mikroskopis dengan atau tanpa pulasan, biakan atau imunoesai

Laboratorium patologi anatomik melaksanakan pembuatan preparat histopatologi, pulasan khusus sederhana dan pembuatan preparat sitologi, serta pembuatan preparat dengan teknik potong beku. Laboratorium khusus lainnya akan ditetapkan oleh Menteri.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

featured 4
Artikel Laboratorium Klinik ini dipublish oleh Unknown pada hari Saturday 25 July 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Laboratorium Klinik
 

0 comments:

Post a Comment